Wednesday, September 3, 2014

Activators Goes to South Korea

Tahun ini berkesempatan mengunjungi belahan bumi lain, sekaligus menambah cap paspor. Yeay! (penting banget :p) .

Menempuh 7 jam perbangan bersama sekitar 50 teman kantor.
Here it is.. SOUTH KOREA

Well, to be honest di outing ini yang sangat berkesan bukanlah tourist desinationnya tapi justru pengalaman personal di luar schedule (free time), dari jajan-jajan, jalan-jalan menyambangi tempat paling rame di Suwon saat malam minggu, ketemu florist ganteng dan yang paling epic yaitu belanja kilat & kalap di Daiso! Kekekeke..



But overall, Korea adalah negeri yang indah. Dimana modernisasi, tradisional dan alamnya yang berbukit-bukit bersantu harmonis dalam satu bingkai. Terlebih lagi Mei sudah mulai spring, flowers everywhere :D

Yap, inilah beberapa tempat yang ter-capture camera :


Nami Island
Jadi pulau ini terkenal karena tempat shooting Winter Sonata (yang konon katanya sih cukup fenomenal). Seperti judul dramanya, mungkin pulau ini akan jauh lebih menganggumkan ketika winter. Saat spring kemarin rasanya nothing special. Seperti Kebun Raya Bogor versi mini >,<

Everyone gets their right. Both smoker & non-smoker

Flowers at Nami


Lotte Paju Premium Outlet
Premium Outlet ini hanya ada 3 di dunia (dua lainnya entah dimana :p ), terdiri dari beberapa gedung. Seperti Premium Outlet pada umumnya, disini menjual berbagai macam produk brand-brand ternama.  Saya pribadi lebih tertarik memperhatikan suasana sekeliling daripada belanja.
Terbiasa hidup di negara dimana keberadaan Mall selalu ditempatkan di pusat kota, saya cukup kaget menyadari bahwa lokasi di sekitar outlet sangat sepi. Tidak ada rumah penduduk apalagi gedung perkantoran, hanya terlihat tanah lapang, gunung dan bukit. Jauh dari hiruk pikuk kota. Shelter bus atau stasiun subway juga tidak terlihat, sepertinya memang harus menggunakan kendaraan pribadi. Meskipun demikian outlet tetap ramai (bahkan menurut saya sangat ramai), kontras dengan suasana di luar.




Gyeongbokgung Palace
Korea Selatan memiliki banyak sekali istana. Istana-istana tersebut dibangun untuk kepentingan raja, misalnya raja X ingin berkunjung ke daerah XY, maka di daerah tersebut akan dibangun istana sebagai tempat persinggahan Sang Raja. Selain istana, banyak juga gerbang-gerbang sebagai penanda batas wilayah. Karena biasanya Sang Raja akan membagi-bagikan daerah kekuasaan kepada anak-anaknya.

Jadi, Gyeongbok Palace ini merupakan salah satu dari 4 istana terbesar yang ada di Seoul. Gyeongbok Palace ini juga merupakan kediaman Raja terakhir. 

Fyi, berdasarkan info dari tour guide, sistem pemerintahan kerajaan berakhir karena seluruh anggota keluarga raja yang menjabat pada masa itu dibantai habis oleh Jepang. Hmmm.. gak heran ya kalau orang Korea agak sentimen sama Jepang.

The Front Gate
Main Palace

N-Tower
Menurut saya sih, landmark Korea ini secara penampilan luar ga ada apa-apanya dibandingkan dengan monas. Ya cuma tower aja, malah kaya tower listrik :p

N-Tower ini berada di atas bukit, selama perjalanan (yang menanjak hampir 45 derajat) banyak ibu dan bapak-bapak tua yang olahraga jalan kaki. Saya dan rombongan engap-engapan nanjaknya, sementara mereka dengan gagahnya nanjak sambil ngobrol-ngobrol hepi hepi -__-"

Lantai 1 N-Tower merupakan museum 3D. Lumayan buat foto-foto. Bagian luarnya spot gembok-gembok cinta. View N-Tower memang meanrik, apalagi kalau sekitar bulan April katanyanya sakura lagi mekar-mekarnya (sayangnya saya ke sana udah gak ada sama sekali). 

Hmm.. saya rasa malam hari pasti jauh lebih cantik view-nya. Selain city lights mungkin bisa liat bintang juga :D                                                                         

Seoul From Top
 Sebagaimana Indonesia, Korea nampaknya sedang dalam pengembangan di segala aspek. Dimana-mana dilakukan pembangunan besar-besaran. Dari mulai apartemen, hotel, dan pembangunan sekitar bandara.
Sekitar 70% kontur Korea adalah bukit


Entah ritual apa yang dilakukan kakek ini pada pohon di sekitar parkitran N-Tower

Other Places

Night at Gangnam
Orang Korea cinta sama produk dalam negeri,  mobil yang beredar yang saya liat produk mereka sendiri. Mayoritas KIA, lainnya Hyundai. Kalau bus Daewoo.
Suasana weekdays pagi hari di Gangnam


Suasana depan Dongdaemun (Pusat Perbelanjaan di tengah kota). Kontras dengan Paju

My favorite!
Myeongdong, tempat belanja paling hits di Seoul.
Ada gerobak jualan juga lho! :D
Makanannya beragam tapi di lidah saya, rasanya sama aja

Additional info:
Samsung merajai hampir semua aspek dari mulai hotel, fashion store, eletronik sampai rumah sakit operasi plastik. Tokoh di drama semacam Goo Jun Pyo - orang terkaya di Korea yang bisa mempengaruhi ekonomi negaranya- rasanya benar adanya, mungkin itu penggambaran pewaris Samsung :p


Last
We are Activators!

No comments:

Post a Comment