Monday, April 30, 2012

Silently Observing

What we choose changes us.
Who we love transforms us.
How we create reshapes us.
What we do remakes us."
-- Dr. Eugene Callender
 

Terbentuknya pikiran dan perilaku seseorang ternyata tidak lepas dari pengaruh oleh lingkungan dan hal-hal yang dikonsumsinya saat masih anak-anak. Yap, kesimpulan itu saya dapatkan dari hasil mengamati sang adik dan penggalian beberapa memori saya tentang dirinya.

Usia adik saya sekarang 16 tahun. Adakalanya ia cerita mengenai teman-teman dan hal lain yang terjadi di sekolahnya. Suatu ketika, doi curhat tentang temannya yang boros kertas. Ga menghargai banget pokoknya, dibilangin pun masa bodoh. Adik saya sewot (tapi sewotnya di rumah. haha).
Meskipun bukan aktivis lingkungan, tapi ya dia cukup sayang bumi. Buang sampah pada tempatnya, saya juga kasih tau kalau ga nemu tempat sampah ya simpan/pegang dulu sampai ketemu. Memanfaakan kertas semaksimal mungkin, karena di kepalanya terekam banyaknya jumlah pohon yang dikorbankan untuk membuat beberapa gram kertas.
Flash back, waktu kecil (sejak mulai bisa baca) hobinya adalah baca Bobo, dan majalah itu cukup sering membahas tentang lingkungan terutama isu global warming.

Bapak saya komputer mania, jadi fasilitas komputer dan koneksi internet cukup memadai (setidaknya untuk main game. hahaha). Dulu saya sempat keranjingan Roaller Coaster Tycoon, Zoo Tycoon yang kemudian menular ke adik. Dari game-game itu dia jadi tau nama-nama hewan dan statusnya (terancam punah atau tidak), jenis-jenis tanaman, tanah, dsb, dalam bahasa Inggris. Sebenarnya saya juga heran sih, sampai sekarang dia masih inget sama nama-nama hewan dan status mereka. Saya aja lupa :hammer:

Yap, pada intinya pelajaran yang saya dapatkan adalah bahwa seorang anak merupakan representasi dari lingkungan dan orang-orang sekitarnya, Setiap hari yang kita lalui bersama mereka meninggalkan memori yang dalam baik bagi mereka, entah itu baik atau buruk.


"Life isn't about finding yourself. Life is about creating yourself"
-George Bernard Shaw-






No comments:

Post a Comment