Thursday, May 5, 2011

Usaha Penuh Keringat Pocari Sweat

Pernahkah Anda meminum cairan infus untuk menghilangkan dehidrasi? Membayangkannya saja saya tidak pernah. Namun ternyata hal itulah yang melatarbelakangi ide penciptaan minuman pengganti elektrolit-Pocari Sweat.

Berawal dari pengalaman sang peneliti sekaligus ahli rasa Otsuka Pharmaceutical, yaitu Rokuro Harima , yang pernah melihat seorang dokter bedah meminum cairan infus pasca operasi untuk menghilangkan dehidrasi, maka ia memiliki ide untuk mengembangkan cairan infus menjadi minuman kesehatan yang dapat dikonsumsi oleh semua orang. Namun, idenya tersebut tidak serta merta diwujudkan. Tiga tahun kemudian-tahun 1976, saat jogging menjadi olahraga yang sedang trend saat itu, Akihiko Otsuka yang saat itu telah menjabat sebagai Direktur Otsuka Pharmaceutical kembali memanggil Rokuro Harima dan memutuskan untuk mewujudkan ide yang diajukan sebelumnya untuk menciptakan produk baru, yaitu minuman kesehatan. Penggarapan minuman kesehatan itu pun kemudian dijalankan oleh Akihisa Takaichi seorang staff peneliti muda Otsuka Pharmaceutical yang berusia 33 tahun.

Dalam tahap pembuatannya, Akihisa Takaichi mengalami hambatan dalam menemukan komposisi rasa yang pas. Pada masa awal, sulit baginya untuk menemukan rasa yang cocok, karena bahan-bahan dasar minuman tersebut meninggalkan rasa pahit ditenggorokan. Hingga akhirnya berkat bantuan Sang Direktur-Akihiko Otsuka ia berhasil menemukan solusinya, yaitu dengan mencampurkan jeruk kedalamnya. Rasa pahit yang khas yang dimiliki oleh jeruk ternyata mampu menghilangkan rasa pahit pada minuman tersebut. Hem, tapi ternyata bukan sembarang jenis jeruk yang digunakan. Jenis apakah itu? Ra-ha-si-a, hanya Otsuka Pharmaceutical yang tau...hehehe..

Tak hanya menyehatkan tetapi juga memberikan kesegaran bagi tubuh, karena itulah minuman tersebut diberi nama Pocari Sweat. Selain memberikan kesan segar (Pocari) juga menunjukan bahwa minuman ini komposisinya mirip dengan  cairan tubuh/keringat (Sweat)

Kini saatnya melempar ke pasaran, pada April 1980 penjualan Pocari Sweat pun dimulai. Ups, ternyata tanggapan konsumen tidak seperti yang diharapkan.

”Rasanya aneh!”
”Minuman apa ini?! Rasanya tidak enak!”

Seperti itulah komentar yang dilontarkan oleh konsumen ketika pertama kali mencobanya. Mereka beranggapan bahwa minuman tersebut rasanya yang aneh dan tidak lazim sehingga tidak layak diminum, karena trend minuman pada saat itu (tahun 1980) adalah minuman yang memiliki rasa yang manis. Lalu, apakah kemudian Akihiko Otsuka menyerah untuk memasarkan produk barunya?

Inilah hal yang paling menarik, alih-alih menghentikan penjualan Akihiko Otsuka malah memberikan Pocari Sweat secara gratis kepada masyarakat selama setahun penuh. Ia tidak mengedepankan keuntungan instan. Baginya yang terpenting adalah bagaimana konsumen mau menerima Pocari Sweat terlebih dahulu, memberikan pengetahuan kepada mereka mengenai keunggulan produknya yang  mampu menggantikan cairan tubuh sehingga menghindarkan tubuh dari dehidrasi setelah melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat. 

Strategi yang dilakukan para staff marketing adalah memberikan Pocari Sweat kepada mreka yang sedang berolah raga, ataupun sedang berjalan kaki dan terlihat mengeluarkan keringat karena Pocari Sweat akan terasa kesegarannya saat dinikmati ketika berkeringat. Perlahan-lahan Pocari Sweat pun mulai diterima dan dirasakan manfaatnya oleh konsumen. Permintaanpun melonjak pesat saat musim panas yang terik ditahun kedua. Hingga detik ini Pocari Sweat tak hanya sukses di pasar domestik, bahkan kini Pocari Sweat telah menembus 16 negara termasuk Indonesia!

Bagi saya sejarah Pocari Sweat ini sangat inspiratif dan memberikan banyak pelajaran, bahwa jangan pernah takut atau gentar terhadap kritikan orang lain, teguhkan keyakinan dan tingkatkan kepercayaan diri selama hal yang kita lakukan adalah benar. Pandai melihat peluang sehingga kita dapat terus menciptakan produk yang inovatif namun sesuai dengan kebutuhan pasar dan jangan selalu mengharapkan keuntungan yang instan dalam berbisnis.

Semoga semangat Mr. Akihisa Takaichi dan Mr. Akihiko Otsuka dalam menciptakan, mengembangkan dan memasarkan Pocari Sweat hingga menjadi produk seperti yang kita kenal selama ini, tertular dalam diri saya dan juga teman-teman lainnya :)


 
 
 




2 comments:

  1. ki, itu video dentsu yang buat... dan asal lo tau aja, itu adalah iklan yang bikin tim pocari jungkir balik ngurusinnya... sampai akhirnya ketika tuh project selesai, mereka tumpengan...
    -story behind the scene-

    ReplyDelete
  2. fyi aja gw bikin ini juga kan untuk kepentingan lomba.huheuehue..

    ReplyDelete