Thursday, September 22, 2011

Brand Local Goes Global!


Pernah denger merek air minum 'EQUIL' ?
Mungkin ga banyak ya yang tahu mengenai keberadaan brand ini. Saya sendiri baru tahu dari dosen saya di UI dulu. Did you know, ternyata EQUIL ini mendunia loh bahkan (bisa dikatakan) masuk ke dalam jajaran brand-brand elit. Kalau di luar negeri ada yang namanya Evian, air minum yang mahalnya ga ada logika sampai ada yang mlesetin 'naive' (dibaca dari belakang), sedangkan di Indonesia kita punya EQUIL!

Lucky me, waktu jaman kuliah saya dan teman-teman seangkatan diajak berkunjung ke pabriknya yang berlokasi Sukabumi. Siapa sangka dibalik kontur geografi Sukabumi yang naik-bukit-turun-lembah-belak-belok-bikin-muntah, ternyata terdapat pabrik Air Mineral kelas dunia yang W.A.H! Pabrik EQUIL ternyat ga seperti pabrik yang ada dipikiran 200juta orang penduduk Indonesia. Ga ada tuh yang namanya cerobong-cerobong asap ala industri. Yang ada adalah gedung mewah ala Eropa dengan taman super megah nan memesona (untuk hal ini saya ga lebay loh). Namanya pun keren Villa D'EQUILLIBRIUM.


Welcome to D'EQUILIBRIUM

Hidden Europe in Sukabumi

Damn beautiful backyard

Disana kami diberi penjelasan mengenai perbendaan EQUIL dan brand lainnya. Ternyata EQUIL adalah satu-satunya brand air mineral made in Indonesia. Brand-brand seperti Aqua, 2Tang dsb itu adalah air dalam kemasan. Apa bedanya?
Proses Produksi:
Air Mineral dalam proses pengemasannya, sumber mata air tidak boleh lebih dari 20 meter dari pabriknya itu sendiri. Prosesnya itu memang benar-benar cuma mengemas, mindahin dari mata air ke botol (yang sudah disterilisasi tentunya). Kita sendiri bisa minum langsung dari sumber mata airnya. Jadi, ya mirip-mirip air zam-zam gitu yang bisa diminum ditempat tanpa embel-embel pemurnian dsb.

Sumber mata air, yang bisa langsung diminum

Air Dalam Kemasan seperti yang kita tahu daru iklan-iklan di tv kalau mereka mengambil air dari pegunungan. Dari gunung dibawa ke pabrik pake truk tangki air (yang suka kita temui di jalan), sampai di pabrik dilakukan pemurnian, dsb. Baru kemudian di kemas dalam botol. Nah makanya di label kemasan Aqua dan brand-brand sejenis, tulisannya adalah "air minum kemasan" bukan "air mineral".
Dari Segi Rasa:
Air Mineral asanya emang agak aneh (mungkin karena belum terbiasa). Tapi setelahnya ada sensasi seger gimana gitu, tanpa kita perlu masukin kulkas. Kalo air minum dalam kemasan meninggalkan sesuatu 'rasa' di tenggorokan. Buat orang awam dan norak (kaya saya) yang baru ngerasain EQUIL perbedaannya emang baru bisa terasa saat minum diwaktu yang bersamaan.
Clean and elegant process

For your info, EQUIL ini biasa disajikan di rapat-rapat anggota DPR/MPR loh! hotel-hotel bintang lima dan cafe-cafe elite. Harganya sendiri 15-30ribu per botol, tergantung tempatnya. EQUIL tersedia dalam dua rasa, yaitu normal dan sparkling (bersoda) biasanya sparkling lebih mahal dari yang biasa. Kalu tertarik, bisa juga berlangganan, tapi harus minimal 1 krat (yah itung sendiri deh harganya). Pangsa pasar utama EQUIL memang luar negeri, jadi ga heran kalau banyak orang dalam negeri yang (boro-boro) ngerasain, tau aja engga. Hehehe.. Di luar begeri pun ga main-main, EQUIL jadi minuman hotel-hotel berbintang dan prestige-nya ga kalah sama Evian.

EQUIL hanya salah satunya, masih banyak lagi brand-brand Indonesia yang maju jaya sentosa dan dikonsumsi oleh masyarakat kelas atas dunia.


"Negeri kita kaya, kaya, kaya-raya, Saudara-saudara. Berjiwa besarlah, berimagination. Gali ! Bekerja! Gali! Bekerja! Kita adalah satu tanah air yang paling cantik di dunia"
-Soekarno (Pidato di Semarang, 29 Juli 1956)
-



Photo Source:
http://farm4.static.flickr.com/3259/3130656978_fc53b61580.jpg
http://www.equil-mineralwater.com

9 comments:

  1. ahaha, jadi inget jaman kuliah dulu.. terus insiden gw kejedot batu :(

    ReplyDelete
  2. oh ini yang lo ceritain ya dul. bagus tempatnyaaa...

    ReplyDelete
  3. gw jadi inget pas lo nyeritain ini di lotte mart noy

    ReplyDelete
  4. @yoan: diantara 40 anak elo yg kedapetan moment begitu y nyo, dan gw cuma bengong.Hhe..

    @mia+uci: Sesungguhnya ya lupa loh tante2 sekalian, klo pernah cerita ke situ.haha. Bahkan uci sampe inget lokasinya.haha..

    ReplyDelete
  5. aih itu pabrik keren amat yak, belakanya gunung,.
    kalo mau ke sana buat liat2 doank boleh ga noy? gak dari kampus maksudnya...

    ReplyDelete
  6. Kayanya ga bisa jrie, ya sebagaimana peraturan industri pada umumnya (sotoy) :D

    ReplyDelete
  7. Eh ato pura-pura jadi kang kebonnya bisa kali jrie.hahaha #LemparParang

    ReplyDelete
  8. lo dalam rangka apa kesana noy?
    gw tau equil pertama kali dari kaskus :D

    ReplyDelete
  9. @ecky : Dosen gw ngajak ke sana, sebagai mata kuliahnya. Belajar dari cara mereka yg sukses masarin produk ke luar negeri q. Seru kan.. #Jumawa

    ReplyDelete