Thursday, September 29, 2011

when indONEsian are connected to ONE another #2

.
Seperti yang sudah dibahas di postingan sebelumnya, bahwa sosial media bisa memberikan pengaruh dan manfaat yang besar jika kita menggunakannya dengan baik. Bahkan bisa membuat kita punya saudara atau keluarga baru loh. Seperti cerita yang saya dapet Kaskus yang satu ini :D

3. from Stranger to Brother
Alkisah Si Agan kaskus terburu-buru ke sekolah dengan sepeda motornya karena udah telat, sampai akhirnyaaa... GUBRAK!. Ditabrak motor lain , karena dia banting setir secara mendadak untuk menghindari lubang jalan dan akhirnya terjadilah 'drama' kecil.. (langsung copas dari postingan aselinya aja ya gan :p )

Percakapan Si Agan vs Korban
A : Si Agan
B : Korban

B : lo Go*** apa Be** ???
A : maaf mas saya ga tau ??
B : ya trus gimana ini ?? lo liat motor gw ? ( ane dah panik liat kondisi motor dia , spion patah bodi pada lecet step ada yang patah klo ga salah )
A : sama mas , motor saya juga parah ( udah takut ane gan ) ..
B : sini sini liat motor gw , ( ane di ajak ke motornya dia gan , warga yang liat kejadian juga udah pada deketin kita , mungkin mau nengahin )

eehh pas ane spik-spik meriksa motor dia ( sok tau , padahal ane ga tau sma sekali masalah motor ) ada stiker KASKUS gan , Kaskus the largest indonesia community .......... langsung aja ane nyeplos sok akrab ;

A : agan kaskuserrr ???
B : iyaaaa , lo juga ??
A : (langsung ane samber) iyaaa gan samaaa !
B : akhhhh dasarrr loo , ( sambil ngangkat tangan kanan kaya mau nyambit gitu ) Gw Bataa juga lo ......

eh warga sekitar yang liat agan kaskuser tadi , yang mau belaga bata ane langsung bilang ;

W : woeee klo mau berantem jangan di sini mass !!! ( emosi gan , aki aki udah agak tua )
B : gaa kok pakk , ini keponakan saya ( abis gaya mau ngebata , dia ngerangkul ane sambil bisikin " lain kali naek motor hati-hati lo ye " )
B : ya dah gw caw dulu , udah telat neh gw ( kayannya mau gawe or kuliah gitu gan )
A : tapii itu ga pa pa mas ?? ( ane spik spik perhatian )
B : dah gampang ( sambil masukin barang-barang yang patah ke tas , nyalain motor dan langsung pergi gan ! )








Kalau cerita Agan yang diatas terselamatkan berkat stiker, nah kalo cerita yang satu (lagi) ini dapet rejeki nomplok karena pake sweater bertuliskan KASKUS.
Nih, cerita lengkapnya gan..
Kisah Agan Sweater
klo ada kaskuser yang tinggal dibekasi, pasti tau tempat namenye BURGER N GRILL deh gan yang di prempatan lampiri..aye sama temen aye 3 orang abis dari harco trs kelaperan gan...rencananye td mo makan di McD pangkalan jati, tp temen ane yg bawa mobil malah lewat dalem alias pond kelapa.
nah pas sampe di tempat tujuan..ane pake sweeter kaskus gan. temen ane bawa tas gemblok yang ada tulisan kaskusnye gan..pas lagi mesen makanan. ada waitersnye pan tuh yang nyamperin..eh masa langsung ditanya.."siang mas. mo pesen apa ?? ane sama temen ane jawab "bla...bla..bla...".

selang 15menitan, ada bapak" sama istrinya klo itu g salah ye..dateng tuh gan..sebelahan sama meja ane..mereka ngelirik ane sama temen ane gan..temen ane sih cuek aje gan soalnye sambil maen laptop+istall game yang baru dibeli diharco..ane spontan panik gan, mane mereka kaya ngomongin ane sama temen ane gan..

g laha makanan dateng, eh dye masih ngelirik+ngeliyatin ane juga gan..
makanan dye jg dateng tuh..konsen deh tuh mereka makan. pas kelar eh mo bayar dikasir..kebetulan ane yang bayar[sebelumnye PT2 dlu tuh dimeja gan} . nah mereka td ky nye juga mo bayar gan..tp ane duluan yg sampe kasir pan tuh..mereka liyatin ane dr atas ampe bawah..ky mo nyulik orang/nyari anaknye yg ilang dah..aye braniin diri aje dah negor tuh orang.."ada ape pak, ky nye drtd liyatin saya sama temen asaya terus". istrinya dye jawab, "gpp kok". eh sibapak yg tadi malah nyeletuk. "kaskuser jg gan..??" eh ada percakapan sebelum bayar gan



A=ane
B=bapak

A : "wew, iye pak. knpa ya ??"
B : jangan bapak lah, sebut agan aje, soalnya saya jg kaskuser..[sambilsenyum], istrinye jg nyetuk, aye jg kaskuser lho gan/\
A :[sambil nyengir"] ane jawab, lah sama dong gan..hahahaha..temen ane bengong tuh soalnye dye pade kaga tau..aye kenalin tuh sama temen" aye gan
lama ngobrol kesono kemari tntang kaskus..eh dye mo balik gan..
B :ywdah gan, ane balik dluan gan, kesian anak ditinggal dirumah.
A: iye gan [sambil mau bayar]..
B : ywadh gan, g usah bayar, byar ane aje yang bayar. sekalian. itung" perbanyak temen sesama kaskus.
A :[dalem ati, pake itung"ngan ne orang. bodo lah yg penting dibayarin]sep deh gan..makasi ye gan..




So sweet yahh, ga nyangka kalau hubungan yang dibina di dunia maya ternyata bisa terealisasi di dunia nyata. Mungkin sekarang Kaskus harus nambahin tagline-nya jadi 'The Largest and Friendliest Indonesian Community' ^^

4. Doctor Online
Selain nambah saudara, sosial media juga nambah ilmu. Kali ini berasal dari salah satu akun twitter yang saya follow : @blogdokter . Sesuai dengan namanya, twitter ini dimiliki oleh seorang dokter yang rajin berbagi info-info tentang kesehatan da pengetahuan kedokteran yang tentunya untuk orang-orang awam. Saya sendiri cukup senang dengan akun ini. Terkadang Sang Dokter juga membuka sesi tanya jawab. Lumayan kan konsultasi gratis :D

5. Help Triplet
Kita pasti masih ingat ya sama kisah Prita dan gerakan 'Koin Untuk Prita' untuk membantunya membayar tuntutan yang diajukan oleh RS. Omni Int. Cerita berikut ini serupa dengan Prita, namun berbeda kasus. Mengenai seorang ibu yang melahirkan bayi kembar tiga (triplet), tetapi beliau tidak dapat bertahan. Sedangkan triplet sendiri, harus dimasukkan ke inkubator karena bobot dan kondisinya yang lemah (prematur) dan biaya yang dibutuhkan tak kurang dari 10juta/hari.
Tergerak untuk membantu keluarga sahabatnya, Dhee pun menyebarkan kondisi ini melalui Tumblr-nya untuk mencari para donatur yang bersedia menyumbangkan materinya.
Dua belas hari kemudian, di postingan selanjutnya Dhee mengabarkan bahwa dana yang tersedia dari para donatur sudah cukup membiayai Triplet :')


Beberapa cerita diatas benar-benar membuat saya kagum dengan dampak yang ditimbulkan oleh teknologi informasi masa kini, yang dapat menyatukan masyarakat. Kalau digunakan sesuai dengan tujuan awal sosial media tersebut dibuat, maka ini bisa menjadi salah satau cara kita (terutama anak muda) menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia :)


"We don't have a choice on whether we do social media, the question is how well we do it"
-ErikQualman-

3 comments:

  1. pedahal gw udah ngetik komen tadi, tapi eror -__-"

    seru nih noy postingan ini,
    ya socmed kan media/ alat, gimana manfaatinnya juga kan :D

    blogger juga banyak manfaatnya noy, komunitas-komunitasnya juga banyak yg eksis,
    deBlogger bahkan punya program kakak asuh :D *ayo ikut deBlogger noy

    tapi ya semoga kita bisa mengunakan socmed dengan proporsional *selfnote

    nice post :D

    ReplyDelete
  2. nice..

    mksh byk q..

    gw jadi tersadar lagi tentang manfaatnya teknologi,
    mudah2an bisa jadi motivasi kedepannya..

    ReplyDelete
  3. Gw juga ga nyangka socmed bisa sebegini besar pengaruhnya. Kadang terharu sendiri klo baca2 cerita2 kaya gini.

    Anyway thanks u/ apresiasinya sodara eq dan ashlee. Alhamdulillah kalo bisa memberi manfaat :D

    ReplyDelete